HomeJabarAda Perbedaan, WNA di Depok Diimbau Ganti KTP-el Yang Baru

Ada Perbedaan, WNA di Depok Diimbau Ganti KTP-el Yang Baru

Jabaran.id, Depok – Warga Negara Asing (WNA) yang menetap di Kota Depok diimbau untuk mengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) khusus WNA lama ke KTP-el khusus WNA yang baru.

Hal tersebut karena KTP-el yang lama khusus WNA tersebut saat ini modelnya sudah berganti dengan yang baru yakni berwarna oranye.

Imbauan itu dikatakan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti.

Kepemilikan KTP-el khusus WNA ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 Tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

“Kami mengimbau ke seluruh WNA yang telah memiliki kartu izin tinggal tetap (Kitap) atau KTP-el berwarna biru itu untuk menggantinya dengan KTP-el berwarna oranye khusus WNA,” ujarnya dikutip, Sabtu (25/11/2023).

Kemudian, Nuraeni menjelaskan, berbeda dengan KTP-el Warga Negara Indonesia (WNI) yang berlaku untuk seumur hidup, masa berlaku KTP-el untuk WNA tersebut disesuaikan dengan masa berlaku Kitap yang dikeluarkan dari kantor imigrasi.

Kemudian, pada status kewarganegaraan KTP-el WNA itupun juga tercantum negara asalnya.

Meskipun demikian, lanjut Nuraeni, KTP-el WNA itu memiliki data keterangan yang sama dengan KTP-el WNI. Hanya saja yang membedakan yakni menggunakan Bahasa Inggris.

“Jadi perbedaannya itu ada pada masa berlaku, warna, penggunaan bahasa, dan juga keterangan negara asal, dan kami bekerja sama dengan kantor imigrasi Depok, untuk menghimbau serta mengingatkan para WNA yang ada di kota Depok ini untuk segera ganti KTP El warna biru menjadi KTP El yang berwarna oranye” paparnya.

“Kami ingatkan terhadap para WNA untuk mengganti KTP-elnya dengan mendatangi Kantor Wali Kota Depok Gedung Dibaleka II Lantai 1 di loket WNA untuk penggantian KTP-el,” tandasnya. (*)

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here