HomeUncategorized"Panduan Lengkap Dzikir Setelah Sholat Fardhu: Bacaan, Keutamaan, dan Artinya"

“Panduan Lengkap Dzikir Setelah Sholat Fardhu: Bacaan, Keutamaan, dan Artinya”

Jabaran.id, – Dzikir setelah sholat fardhu merupakan amalan yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Dzikir ini tidak hanya menjadi bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan dzikir setelah sholat lima waktu dengan menyebutkan keutamaannya:

“Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali, dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Dzikir setelah sholat ini biasanya dibacakan oleh imam setelah sholat berjamaah di masjid. Namun, ketika melaksanakan sholat sendiri di rumah, kita perlu melafalkannya sendiri. Oleh karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk menghafal dan menerapkannya setiap hari setelah sholat fardhu, yaitu Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Berikut adalah bacaan dzikir setelah sholat beserta artinya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Istighfar 3 Kali

Dzikir setelah sholat dimulai dengan beristighfar sebanyak 3 kali, yang kemudian dilanjutkan dengan doa.

Bacaan:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullah hal ‘adzim, alladzi laa ilaaha illaa huwa al-hayyul qayyuumu wa atuubu ilayih.”

Artinya:”Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, tidak ada Tuhan melainkan Dia, yang Maha Hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan aku bertobat kepada-Nya.”

2. Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu

Bacaan:

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qadiir.”

Artinya:”Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan pujian. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

3. Doa Mohon Perlindungan dari Siksa Api Neraka

Bacaan:

اللَّهُمَّ أَجِرْنِـي مِنَ النَّارِ

“Allahumma ajirni minan-naar.”

Artinya:”Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

4. Doa Mohon Keselamatan

Bacaan:

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

“Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnal jannata darossalaam tabarakta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam.”

Artinya:”Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari segala kejelekan, kekurangan, dan kerusakan), dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.”

5. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Setelah itu, dzikir dilanjutkan dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali, kemudian ditutup dengan tahlil.

– Membaca kalimat Tasbih (33 kali):”Subhanallah”
– Membaca kalimat Tahmid (33 kali):”Alhamdulillah”
– Membaca kalimat Takbir (33 kali):”Allahu Akbar”
– Membaca Tahlil dan Doa Memohon Ampunan:

Bacaan:

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qadiir.”

Artinya:“Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”_ (HR. Bukhari, Muslim).

6. Doa Memohon Ibadah Diterima

Bacaan:

“Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal ‘alamin.”

Artinya:”Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah segala apa yang kami lakukan selama kami menunaikan shalat. Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

7. Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Bacaan:

“Rabbanaa atinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaa bannar.”

Artinya:”Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”_

Penutup:

“Washallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, walhamdulillaahirabbil ‘alamin.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarganya, dan sahabatnya, serta segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Dengan melafalkan dzikir-dzikir ini setelah sholat, seorang muslim diharapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memohon ampunan, keselamatan, dan berkah dalam kehidupannya sehari-hari. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.(*)

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here