HomeJabarKecamatan Sawangan dan Kelurahan Tanah Baru Jawara Lomba Bunda PAUD

Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Tanah Baru Jawara Lomba Bunda PAUD

Jabaran.id – Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Tanah Baru dari Kecamatan Beji berhasil menjadi juara  pertama Lomba Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan di Kota Depok. Kedua daerah tersebut, menjadi juara menyisihkan 11 kecamatan dan 11 kelurahan peserta lomba yang diadakan Selasa 18 Juli 2023.

“Kedua juara tersebut, akan mendapatkan pembinaan sampai nanti menjadi peserta lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucap Ketua Panitia Lomba Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan, Ririn Tjahyaningsih.

Ririn menjelaskan, peserta dalam lomba tersebut berasal dari 11 kecamatan di Kota Depok. Sedangkan untuk tingkat kelurahan, adalah 11 kelurahan yang ditunjuk oleh tiap kecamatan menjadi wakilnya.

Lomba Bunda PAUD kecamatan sawangan 4
Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida saat memberikan sambutan.

Peserta 11 kecamatan yakni, Kecamatan Tapos, Cimanggis, Sukmajaya, Cilodong, Beji, Pancoranmas, Cipayung, Limo, Cinere, Sawangan, dan Bojongsari. Sedangkan untuk kelurahan adalah Pangkalanjati, Krukut, Jatijajar, Tanah Baru, Rangkapan Jaya, Bojongsari Baru, Tugu, Bedahan, Baktijaya, dan Sukamaju.

“Ada beberapa aspek penilaian, yakni kelengkapan dokumen berkaitan dengan pengembangan program, kreativitas program ini berkaitan dengan hasil gagasan, program, fleksibilitas, kemampuan melaksanakan itu semua secara terstruktur, dan terakhir performance yakni penampilan atau kesiapan mental serta ketegasan dalam menyampaikan paparan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Depok, Etty Maryati Salim mengatakan, menjadi Bunda PAUD adalah sebuah tanggungjawab besar, salah satunya adalah bersinergi dengan instansi pemerintah untuk menciptakan PAUD berkualitas. Dengan adanya lomba ini, jadi tahu apakah kita siap menghadapi tantangan dan untuk memperbaikinya.

“Terutama memperbaiki dari diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Karena dengan diri yang lebih baik, akan memancarkan kebaikan dan menularkannya kepada orang lain,” tuturnya.

Ditempat yang sama Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida menuturkan, Bunda PAUD baik di kecamatan dan kelurahan harus tanggap dengan lingkungan sekitar. ‘Gerak cepat’ dalam merespon hal-hal yang berkaitan dengan isu-isu sosial, terutama untuk berkaitan dengan anak-anak.

“Bunda PAUD mempunyai peran penting dalam masyarakat sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan PAUD Berkualitas di wilayahnya masing-masing. Maka Bunda PAUD bersama – sama Pokja Bunda PAUD haruslah Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), Gaspol (Gerak Maksimal),” ucapnya.

Sementara itu, Kabid PAUD dan Dikmas di Dinas Pendidikan Kota Depok, Suhyana menuturkan, berkaitan dengan tema lomba, yakni ‘transisi PAUD-SD menghantarkan anak bahagia dan siap belajar’, maka pendidikannya tidak boleh salah. Terutama tentang teori belajar kognitif yang harus diterapkan, jangan sampai tumbuh kembang psikogi anak terganggu.

“Adanya Pokja Bunda PAUD sangat membantu, terutama di tingkat kelurahan dan kecamatan. Tumbuh kembang anak di usia gold age harus terjaga, karena bekasnya akan terekam sampai nanti tua,” katanya. (*)

Daftar Juara Lomba Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan di Kota Depok:

Juara Tingkat Kelurahan

Juara 1 Kelurahan Tanah Baru (Kecamatan Beji)
Juara 2 Kelurahan Jatijajar (Kecamatan Tapos)
Juara 3 Kelurahan Sukamaju (Kecamatan Cilodong)

Juara Tingkat Kecamatan

Juara 1 Kecamatan Sawangan
Juara 2 Kecamatan Pancoranmas
Juara 3 Kecamatan Beji

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here