HomeJabarPKM di Pondok Petir Depok, Dosen FK UPN Veteran Jakarta Bantu Cegah...

PKM di Pondok Petir Depok, Dosen FK UPN Veteran Jakarta Bantu Cegah stunting

Jabaran.id, Depok – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional atau UPN Veteran Jakarta mengadakan Gerakan Stop Stunting Bersama melalui Kegiatan Pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita stunting setelah program pemberian makanan tambahan (PMT) di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Kamis, 8 Agustus 2024.

Adapun dosen dalam PKM tersebut, diketuai  dr. Retno Yulianti, M.Biomed, dengan anggota Dwi Arwandi Yogi Saputra, SKM, MKM, dr. Adi Sukrisno, Sp.OG, dan dr. Tri Faranita, SpA,

Retno Yulianti menjelaskan PKM ini bertujuan untuk memantau dan mencegah stunting pada balita di wilayah kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok.

“Ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan didukung oleh kerja sama antara Puskesmas Bojongsari dan Kelurahan Pondok Petir,” kata Retno.

Tim PKM dosen FK UPN Veteran Jakarta saat pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita stunting di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Kamis, 8 Agustus 2024. Foto : Istimewa

Selama kegiatan, Retno melanjutkan, dilakukan pengukuran antropometri dan pengukuran Haemoglobin (Hb) pada bayi dan balita stunting serta pemeriksaan tinja.

“Pengukuran antropometri mencakup pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan dan lingkar kepala,” terang Retno.

Sedangkan mengukuran kadar Hb dilakukan melalui pengambilan darah tepi untuk melihat tanda-tanda anemia, kemudian untuk pemeriksaan tinja, sebelumnya para kader sudah membagikan pot untuk membawa sampel tinjanya ke lokasi kegiatan PKM UPN Veteran Jakarta.

“Seluruh rangkaian pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab gangguan gizi bayi dan balita stunting di wilayah kerja puskesmas di Kelurahan Pondok Petir, Bojongsari, Kota Depok,” paparnya.

Tim PKM dosen FK UPN Veteran Jakarta saat pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita stunting di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Kamis, 8 Agustus 2024. Foto : Istimewa

Retno mengungkapkan data yang dikumpulkan akan digunakan untuk mengetahui faktor-faktor risiko terhadap angka kejadian stunting di wilayah Pondok Petir.

Dia juga mengatakan Kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat setempat. Para orang tua balita sangat antusias mengikuti pengukuran dan mendapatkan informasi mengenai status gizi anak-anak mereka.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini,” katanya.

Retno menjelaskan, kerja sama antara Puskesmas Bojongsari dan Kelurahan Pondok Petir ini merupakan langkah nyata dalam upaya pencegahan stunting di wilayah Depok dari UPN Veteran Jakarta.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan angka kejadian stunting dapat distop dan anak-anak di wilayah Pondok Petir dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal,” ucap Retno.

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here