Free Porn
xbporn
HomeJabarMengatasi Kecacingan jadi Topik Dosen FK UPNVJ PKM di SDN 02 Mampang...

Mengatasi Kecacingan jadi Topik Dosen FK UPNVJ PKM di SDN 02 Mampang Depok

Jabaran.id, Depok – Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, tim dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau FK UPNVJ memberikan pengabdian kepada masyarakat di SDN 02 Mampang Depok  dengan topik mengatasi kecacingan pada siswa sekolah dasar.

Adapun tim dosen yang terlibat dalam PKM tersebut, yaitu ketua dr. Yanti Harjono Hadiwiardjo, MKM, Sp.KKLP dengan anggota dr. Pritha Maya Savitri, dr. Ima Maria, MKM dan Dwi Arwandi Yogi Saputra, SKM, MKM.

“Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial, beberapa dosen dari Fakultas Kedokteran UPN ‘VETERAN’ Jakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN 02 Mampang, Depok, Jawa Barat, adapun waktu kegiatannya pada hari Sabtu, 2 September 2023,” tutur dr. Yanti Harjono Hadiwiardjo, MKM, Sp.KKLP.

Suasana saat tim dosen FK UPNVJ PKM di SDN 02 Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Foto : Istimewa

Yanti menerangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencakup edukasi kesehatan kepada siswa di SDN 02 Mampang dengan topik mengatasi kecacingan pada siswa sekolah dasar.

Sedangkan, kegiatan yang dilakukan di antaranya, pemeriksaan kesehatan gratis bagi siswa, pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tinja untuk mendeteksi adanya infeksi cacing usus, pemberian obat cacing secara massal dan penilaian status gizi siswa.

Kemudian, lanjut Nunuk, penyuluhan kesehatan tentang penyebab, gejala, dan dampak kecacingan pada anak-anak.

“Penyuluhan kesehatan juga memberikan informasi tentang cara pencegahan dan pengobatan kecacingan yang efektifdan aman,” paparnya.

Tidak hanya itu, tim dosen FK UPNVJ juga membagikan paket sanitasi dan higiene kepada siswa dan guru, paket sanitasi dan higiene berisi sabun cuci tangan guna meningkatkan perilaku bersih dan sehat di lingkungan sekolah dan rumah.

“Tim juga memberikan bantuan pendidikan berupa buku-buku edukasi tentang kesehatan dan kecacingan, poster-poster kesehatan, dan permainan-permainan edukatif yang berkaitan dengan topik kecacingan,” katanya.

Yanti mengungkapkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas
hidup siswa sekolah dasar yang rentan terkena kecacingan.

Kata dia, kecacingan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius di Indonesia, karena kecacingan dapat menyebabkan anemia, malnutrisi, gangguan pertumbuhan dan perkembangan penurunan daya tahan tubuh, penurunan prestasi belajar, dan bahkan kematian.

“Karena itu, dosen-dosen dari Fakultas Kedokteran UPN ‘VETERAN’ Jakarta
berkomitmen untuk memberikan manfaat dan kontribusi positif kepada masyarakat setempat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini,” demikian Yanti memungkas. (*)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here