Free Porn
xbporn
HomePendidikanMohammad Nuruzzaman ajak Para Kyai jaga Tradisi Keilmuan Pesantren

Mohammad Nuruzzaman ajak Para Kyai jaga Tradisi Keilmuan Pesantren

Jabaran.id-kota Bogor : Sejumlah Pimpinan Pesantren Se Kota  Bogor berkumpul di Pesantren Luhur Daarul Uluum Bogor. Para pimpinan pesantren tersebut menghadiri Halaqoh Fiqih Peradaban yang diselenggarakan oleh Pesantren Luhur Daarul Uluum Bekerjasama dengan Kementerian Agama RI.

Tema Halaqoh Fiqih Peradaban yang diselenggarakan di Pesantren Luhur Daarul Uluum adalah “Ijtihad Ulama dalam mempersiapkan SDM Unggul untuk menghadapi Era Globalisasi”.

Hasbulloh selaku Direktur Pesantren Luhur Daarul Uluum menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan Halaqoh Fiqih Peradaban  ini merupakan rangkaian halaqoh yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama di berbagai pesantren di Indonesia.

“penyelenggaraan halaqoh ini sebagai pemantik diskursus peradaban yang perlu diperkuat dalam mengedepankan peran pesantren di Indonesia dan peran umat Islam Indonesia untuk pemajuan peradaban dunia,” ungkap Hasbullah pada Kamis 21 Desember 2023 di Edutorium Andewi Pesantren Daruul Uluum, Jalan Durian Raya, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur kota Bogor.

Sementara Mohammad Nuruzzaman Staf khusus kementrian Agama RI dalam sambutannya mengatakan, bahwa, Ijtihad para Ulama dalam menyiapkan SDM unggul di Indonesia ditandai dengan pendirian Nahdlatul Ulama dalam rangka merespon kondisi Global yang memiliki perubahan yang sangat cepat dalam purifikasi Agama Islam.

“Kini para santri, Ulama dan juga lembaga pesantren harus mampu mewarnai segala diskursus yang ada di dunia maya, agara masyarakat yang haus akan jawaban persoalan keagamaan mendapatkan jawaban yang Otoritatif dari kalangan pesantren dan Ulama yang mumpuni di bidangnya,” kata Mohammad Nuruzzaman.

Sedangkan KH. Dr. Lukman Hakim ditempat yang sama menyampaikan, Islam memiliki konsep yang kuat dalam mempersiapkan SDM yang unggul di era globalisasi salah satunya dengan penguatan Iman, Islam dan Ihsan.

“kalangan pesantren harus lebih maju dari sistem pemerintahan yang ada dalam mengembangkan keilmuan, agar bisa menjawab tantangan zaman,” Ujarnya.

Selain itu dari Pusat Study Pesantren Achmad Ubaidillah selaku narasumber menyampaikan, bahwa Fiqh peradaban ketika diterjemahkan ke dalam konteks pendidikan ialah membangun sumber daya manusia yang memegang kunci peradaban tersebut. Karena kita butuh SDM yang unggul dan mengusai IPTEK Sebagai respon terhadap situasi dan kontestasi global.

Pada acara Halaqoh Fiqh Peradaban Hadir Pengurus PBNU, Dr. KH. Mohammad Nuruzzaman yang juga Staff Khusus Menteri Agama RI, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota  Bogor H. Dede Supriatna, Ketua Forum Pondok Pesantren Kota Bogor KH. Muhammad Anshari, Achmad Ubaidillah Ketua Pusat Studi Pesantren, dan KH. Dr. Lukman Hakim selaku Direktur Ma’had Aly Raudhatul Muhibbin,  juga sejumlah pimpinan Pesantren Se Kota Bogor, IPNU-IPPNU Kota Bogor, Ansor Kota Bogor serta Mahasantri Ma’had Aly Daarul Uluuum.

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here