Free Porn
xbporn
HomeJabarPKM, Dosen FK UPN Veteran Jakarta Penyuluhan Gizi Seimbang Via Zoom

PKM, Dosen FK UPN Veteran Jakarta Penyuluhan Gizi Seimbang Via Zoom

Jabaran.id, Jakarta – Mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional atau UPN veteran Jakarta mengelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa penyuluhan kesehatan bertajuk ‘Bahaya DM dan Pengaturan Pola Makan’.

Adapun penyuluhan berupa webinar pada Kamis, 14 Maret 2024 ini diselenggarakan via zoom meeting dengan narasumber dr. Nugrahayu Widyawardani, M.Gizi, Sp.GKAIFO-K dan dr. Marlina Astuti, M.Kes, Kemudian moderator oleh Melly Kristanti, SKM, M.Epid dan MC Boenga Nurcita, M. Sc.

Dalam paparannya, dr. Nurgahayu menjelaskan tentang nutrisi pada tenaga kerja dalam mencegah obesitas dan DM.

Menurut Nurgahayu tetap sehat dengan gizi seimbang dengan memakan beraneka ragam (makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, susu) dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan.

Kemudian, memilih bahan makanan pokok yang tinggi serat, memakan lauk pauk yang bernilai gizi tinggi, memakan sayuran berwarna, memakan buah-buahan berwarna kuning / kemerahan.

PKM Dosen FK UPN Veteran Jakarta berupa webinar penyuluhan kesehatan yang diselenggarakan via zoom meeting dengan narasumber dr. Nugrahayu Widyawardani, M.Gizi, Sp.GKAIFO-K dan dr. Marlina Astuti, M.Kes, Kemudian moderator oleh Melly Kristanti, SKM, M.Epid dan MC Boenga Nurcita, M. Sc, pada Kamis, 14 Maret 2024. Foto : Istimewa

Selanjutnya menghindari makanan berlemak, gorengan, manis-manis dan tepung-tepung, junk food, deep fried, msg berlebihan, makanan olahan dg pengawet, pemanis buatan, dan gula pengganti.

“Selain itu minum air mineral yang cukup, berolahragalah yang rutih sesuai kemapuan fisik, hindari stress yang berlebihan, istirahat yang cukup, serta meminum multivitamin yang bersifat antioksidan dan menjaga imunitas sesuai indikasi dan kontraindikasi,” kata Nugrahayu.

Saat bekerja pun, Nugrahayu menganjurkan menjaga nutrisi dengan kecukupan gizi, yakni tinggi Protein terutama hewani non fat (Daging, Ikan, Puth telur, Kacangkacangan), batasi gula garam dan lemak, serta sayur warna-warni dan buah.

“Kita juga harus olah raga teratur, minum air putih 8 gelas/ hari, istirahat yang baik dan cukup dan asupan gizi yang baik secara kuantitas dan kualitas,” terang Nugrahayu.

Nugrahayu menjelaskan menu makanan yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa. Selain itu, ia juga menjelaskan efek puasa terhadap Marker Kardiometabolik, seperti menurunkan profil Lipid (Kolesterol, Trigliserida, LDL), menurunkan massa lemak, menurunkan berat badan, menurunkan HbA1C pada diabetes.

“Lalu meningkatkan imunitas, meningkatkan fungsi neurotransmitter, menurunkan tanda inflamas, penentu jam makan sahur secara tepat dan keseimbangan cairan tubuh normal,” katanya.

Nugrahayu juga mengajak untuk memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gizi seimbang, meningkatkan asupan sayur, 3x/hari dan buah 2x/hari, mengurangi konsumsi makanan manis dan gorengan, mengonsumsi bahan makanan sumber tinggi vitamin D dan Omega 3, melakukan aktivitas fisik, berjemur pada pukul 09.00 – 11.00 selama 25 menit atau pukul 11.00–13.00 selama 7.5 menit untuk meningkatkan kadar Vitamin D3.

“Asupan cairan 1.500–2.000 mL/hari, anak 6 gelas/hr, dewasa 8 gelas/hr, asupan garam tidak lebih dari 5gr/hari (1 sendok teh), pembatasan asupan makanan olahan, mengatasi Stress dan tidur yang cukup,” ucap Nugrahayu.

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here