HomePendidikan1.099 Santri BKPAKSI Kota Depok Lanjut Pendidikan Berikutnya

1.099 Santri BKPAKSI Kota Depok Lanjut Pendidikan Berikutnya

Jabaran.id – Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur’an dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Depok mengadakan Wisuda Akbar ke–9, Senin 26 Juni 2023 di Gedung BPU Bagas, Kota Depok.

Dalan acara wisuda kali ini, dihadiri Bunda PAUD Kota Depok Elly Farida, Ketua Pokja BundaPAUD Kota Depok Etty Maryati Salim, Kabag Kesra Kota Depok Shandy Syamsurizal, perwakilan dari DP3AP2KB, Kementrian Agama Kota Depok, Dewan Pendidikan Kota Depok, para penilik PAUD dari Dinas Pendidikan Kota Depok, dan perwakilan DMI Kota Depok. Serta Presiden Direktur BKPAKSI Pusat yang turut menghadiri langsung dari Jogyakarta dan Pengasuh BKPAKSI Kota Depok.

Direktur Utama BKPAKSI Kota Depok, Addy Kurnia Komara mengatakan, dalam acara wisuda kali ini, mengangkat konsep keragaman budaya Nusantara dengan tagline, ‘Dari Depok untuk Indonesia, BKPAKSI Mendunia’. Konsep ini disajikan dengan keunikan mulai dari desain acara, hingga penampilan kepanitiaannya. Keberagaman pakaian adat nusantara yang dikenakan oleh panitia juga pengisi acara, menunjukkan keelokan dan kecantikan Indonesia serta kecintaan akan Bangsa yang kaya akan budaya.

“Persembahan acara dikemas dengan melibatkan santri cilik, orang tua santri juga tari kolosal budaya nusantara yang disajikan kolaborasi antara anak, guru, dan pengurus BKPAKSI menjadikan kemeriahan lebih lengkap,” ujar Addy Kurnia Komara.

Addy menuturkan, jumlah santri yang lulus dari unit/lembaga pendidikan Al Qur’an baik PAUD Al Qur’an maupun TPQ dibawah koordinasi BKPAKSI Kota Depok pada tahun kelulusan 2022-2023 ada 1.099 santri.

BKPAKSI depok wisuda siswa 1

“Namun, yang berkesempatan mengikuti wisuda secara bersama ada 750 santri,” tutur Addy.

Acara wisuda tahun ini pun terasa sangat istimewa, karena sekaligus dirangkai dengan Milad BKPAKSI ke-9 th. Milad dikemas dengan sederhana tapi cukup meriah diawali dengan balas pantun yang menjadi khas Kota Depok dilanjut dengan pemotongan tumpng yang dipersembahkan untuk Indonesia dalam mengenalkan BKPAKSI di seluruh dunia.

Pemotongan Tumpeng pertama dilakukan Presiden Direktur BKPAKSI Pusat, Muhammad Jazir yang diberikan kepada Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida dan Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Depok, Etty Maryati Salim.

Pemotongan Tumpeng kedua dilakukan Direktur Utama Daerah BKPAKSI Kota Depok, Addy Kurnia Komara yang diberikan kepada Kabid PAUD Dikman Dinas Pendidikan Kota Depok.

“Penyerahan pemotongan tumpeng ini dengan harapan kepada Bunda PAUD , Ketua Pokja Bunda PAUD, dan seluruh Institusi terkait dapat maju bersama serta berkolaborasi bersama BKPAKSI Kota Depok dalam menyiapkan generasi emas yang tangguh menyongsong masa depan gemilang,” terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida mengatakan, sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus sebagai pengisi Indonesia Emas di tahun 2045. Semua pihak dan masyarakat, diharapkan ikut mengambil peran di dalamnya.

BKPAKSI depok wisuda siswa 3

“Salut dengan giat yang dilakukan BKPAKSI dengan selalu melibatkan tidak hanya guru dan kepala sekolah tetapi juga orangtuanya,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Depok, Etty Maryati Salim menuturkan, dengan selesainya pendidikan di jenjang PAUD, maka akan belanjut ke jenjang berikutnya, yakni SD sederajat. Tentu akan ada lebih banyak tantangan yang harus dipelajari. Itu adalah bagian dari pengembangan diri untuk menjadi lebih baik lagi.

“Belajar itu tidak akan pernah berhenti, dimana saja dan kapan saja harus selalu belajar. Oleh karena itu, naiknya ke jenjang pendidikan berikutnya adalah bagian dari perjalanan untuk menjadi generasi yang berkualitas,” katanya.

Direktur BKPAKSI Kota Depok, Ririn Tjahyaningsih menuturkan, pihaknya akan terus istiqomah dan berkomitmen untuk mengantarkan santri-santri untuk terus bekarya dan menjadi generasi yang berkualitas. Tidak hanya dari Kota Depok tetapi untuk Indonesia.

“BKPAKSI siap mewujudkan Generasi Qur’ani yang tangguh dan mendunia,” katanya.

Kabag Kesra, Shandy Syamsirizal yang mewakili Wakil Walikota Depok memberikan apresiasi kepada BKPAKSI Depok yang telah menorehkan karya nyatanya dalam turut membangun kota Depok yang berbudaya sejahtera dan religius.

“Semoga BKPAKSI terus berkiprah dan menjaga kolaborasi bersama PemerintahbKota Depok demi terwujudnya visi misi Kota Depok,” katanya. (*)

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here