HomePendidikanDosen FK UPNVJ Edukasi Asupan Nutrisi Anak di SDN Bojongsari 4

Dosen FK UPNVJ Edukasi Asupan Nutrisi Anak di SDN Bojongsari 4

Jabaran.id, Depok – Mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau FK UPNVJ melakukan pengabdian masyarakat (PKM) dengan memberikan edukasi asupan nutrisi anak di SDN 04 Bojongsari Depok.

Adapun Tim Pengabdian Masyarakat FK UPNVJ tersebut yang diketuai drg. Nunuk Nugrohowati, M.S dengan anggota Tim dr. Tri Faranita, M.Ked (Ped)., SpA,  dr. Yuni Setyaningsih, M.Biomed dan ibu Melly Kristanti, SKM, M.Epid serta dibantu 9 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran bekerja sama dengan SDN 04 Bojongsari Depok.

Menurut Nunuk Nugrohowati 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) adalah periode dimulai sejak terjadi konsepsi – anak usia 2 tahun atau 270 hari selama kehamilan dan 730 hari kehidupan pertama sejak bayi dilahirkan.

“Kegagalan pertumbuhan pada 1000 HPK akibat asupan makanan tidak seimbang, kondisi lingkungan, riwayat penyakit dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik seperti stunting, wasting dan underweight/gizi kurang,” tutur Nunuk Nugrohowati.

Kata dia, peran nutrisi dalam perkembangan kognitif pada anak-anak sekolah sangat penting, khusus nya pada periode pasca-balita yang relatif terabaikan.

Berdasarkan data yang dihimpun, indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Depok terdiri dari Dimensi Kes/AHH sebesar 74,62; dimensi Pendidikan/Harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah: 11,46; Dimensi Ekonomi/Pengeluaran Per Kapita perbulan Rp. 2.304.941 dengan proporsi pengeluaran makanan :39,98 persen dan non makanan sebesar 60,02 persen.

Adanya Cakupan pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar tahun 2021 Kota Depok masih jauh di bawah Jawa Barat yaitu 40,37 persen. menyebabkan masalah sering timbul antara lain masalah nutrisi dan pemeriksaan kondisi dan status gizi anak sekolah di kota Depok, yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif siswa sekolah.

“Dengan latar belakang itu lah, maka kami dari Fakultas Kedokteran UPNVJ mengadakan PKM dI SDN Bojongsari dengan memberikan edukasi tentang asupan nutrisi anak,” katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan pelayanan kesehatan di sekolah dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan kader kesehatan sekolah, minimal adalah pemeriksaan status gizi, pemeriksaan gigi, pemeriksaan tajam penglihatan dan pendengaran.

Di SDN 04 Bojongsari Depok, Tim PKM melakukan Penyuluhan tentang edukasi menyeluruh mengenai asupan nutrisi anak terutama hubungannya dengan kejadian malnutrisi dan stunting pada balita, serta fungsi kognitif anak sekolah sebagai dasar dari perkembangan tingkat kecerdasan anak.

“Acara penyuluhan diadakan pada tanggal 1 September 2023 di SDN 04 Bojongsari Depok dihadiri oleh 54 orang tua dan 54 siswa usia 9-11 tahun,” ungkapnya.

Ia menerangkan, kegiatan yang dilakukan selain penyuluhan adalah Pengisian Kuesioner Pengetahuan orang tua siswa, pengukuran tingkat kognitif atau tingkat kecerdasan siswa/siswi serta pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa.

“Pada tanggal 4 September 2023 acara Abdimas dilanjutkan dengan Pengukuran Tingkat Kecerdasan Siswa yang dilakukan oleh Tim Psikologi,” ujar Nunuk Nugrohowati.

Nunuk Nugrohowati berharap acara seperti ini akan sering dilaksanakan baik atas inisiatif institusi maupun dari pemerintah daerah, dikarenakan hasil dari PKM ini dapat bermanfaat untuk sekolah tersebut, selain itu juga dapat membantu menyelesaikan permasalahan Sustainable Development Goals, khususnya pada goal nomor 2, yaitu mengatasi Zero Hunger untuk menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik

Kemudian, meningkatkan pertanian berkelanjutanan, serta pada goal nomor 4 untuk menjamin kualitas pendidikan inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

“Keterkaitan kedua goals tersebut adalah adanya status gizi yang kurang baik akan menyebabkan tingkat kecerdasan menjadi rendah, yang menyebabkan Pendidikan untuk anak menjadi tidak inklusif dan merata karena siswa tidak dipersiapkan dengan baik,” pungkas Nunuk Nugrohowati.

PKM berlangsung dengan lancar dan meriah, para siswa/siswi, orang tua murid dan para guru SDN 04 Bojongsari Depok sangat antusias dengan diadakannya acara ini.

Acara diakhiri dengan foto bersama antara Tim PKM dosen dan mahasiswa bersama para guru SDN 04 Bojongsari Depok. (*)

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here