HomePolitikRidwan Kamil Maju di Pilgub DKI Jakarta, Bagaimana Perhatiannya untuk Persija?

Ridwan Kamil Maju di Pilgub DKI Jakarta, Bagaimana Perhatiannya untuk Persija?

Jabaran.id – Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang kerap disapa RK, resmi dicalonkan oleh Partai Golkar sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Pengumuman tersebut membawa angin segar bagi dunia perpolitikan Ibu Kota, mengingat rekam jejak Ridwan Kamil yang dinilai berhasil memimpin Jawa Barat dan Bandung sebelumnya.

Dalam pernyataannya, Ridwan Kamil menegaskan komitmennya untuk merangkul seluruh lapisan masyarakat jika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Salah satu fokusnya adalah merangkul Persija, klub sepak bola kebanggaan warga Jakarta. Menurut RK, pendekatan ini merupakan bagian dari prinsip tata krama yang selalu dipegangnya ketika memimpin daerah baru.

“Dulu, ketika saya memimpin Bandung, saya mencintai Bandung dengan seluruh isinya. Begitu pula ketika saya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, saya merangkul semua kalangan di sana. Jika saya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, saya juga akan mencintai dan merangkul seluruh elemen masyarakat Jakarta, termasuk Persija,” ujar Ridwan Kamil dalam wawancaranya dengan Antara, Jumat (9/8/2024).

RK mengakui bahwa hingga saat ini, ia belum memiliki strategi kampanye yang spesifik. Namun, ia menegaskan tidak merasa gentar menghadapi siapa pun dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta. Pengalaman bertarung dalam Pilkada sebelumnya menjadi bekal yang cukup baginya untuk optimis menghadapi Pilgub kali ini.

“Saat saya maju di Pilwalkot Bandung, saya menghadapi delapan pasangan calon. Begitu pula ketika mencalonkan diri di Pilgub Jawa Barat, saya berhadapan dengan empat pasangan. Jadi, siapa pun lawannya di Jakarta, saya siap,” tegas RK.

Pencalonan RK sebagai bakal cagub DKI Jakarta mendapat restu langsung dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dukungan ini semakin memperkuat posisi Ridwan Kamil dalam pertarungan politik di Jakarta.

“Saya telah diminta secara resmi oleh Ketua Umum Partai Golkar untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Jadi, secara informal, saya sudah diberi lampu hijau,” ungkapnya.

Meski demikian, RK menjelaskan bahwa pengumuman formal mengenai pencalonannya akan dilakukan setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) menetapkan calon wakil gubernur yang akan mendampinginya. Saat ini, KIM masih dalam proses mencari sosok yang tepat untuk mendampingi RK dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Kami masih berdiskusi di internal koalisi untuk menentukan siapa yang akan menjadi calon wakil gubernur. Pengumuman resmi akan kami sampaikan setelah semua siap,” tambah RK.

Dengan pencalonan ini, Pilgub DKI Jakarta 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik yang paling menarik, mengingat sosok Ridwan Kamil yang dikenal luas dan memiliki rekam jejak yang solid dalam memimpin daerah. (*)

TERBARU

spot_img
spot_img

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here