Free Porn
xbporn
HomePolitikNgobar 2023 Wadahi Para Gamers Gen Z, Jadi Peluang Bisnis

Ngobar 2023 Wadahi Para Gamers Gen Z, Jadi Peluang Bisnis

Jabaran.id, Depok – Komunitas Elang V bersama Ideolaugh dan juga GPS (Gerakan Peduli Stunting) menggelar acara “Ngobar” (Ngobrol dan Main Bareng) di Kedai Lekker Coffee and Bakery, Rabu (20/12) malam.

Acara ini dihadiri oleh komunitas pemain game (gamers) dari Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada dan Ketua BEM UI 2022, Bayu Satrio Utomo. Sebanyak 300 peserta hadir sebagai pendaftar dan dipenuhi oleh pengunjung kafe.

Pada acara “Ngobar” kali ini membahas tentang “Gen Z and Future Jobs dimana peluang dan tantangan bisnis kreatif masa depan (e-sports)”. Generasi Milenial dan generasi Z (Gen Z) disebut sebagai pilar dari generasi emas pada 2045.

Jumlah generasi milenial dan gen Z mengisi separuh demografi penduduk Indonesia. Dari sisi jumlah populasi tersebut, kelompok ini menjadi perhatian khusus dalam berbagai aspek kehidupan.

Pada era digital saat ini, bermunculan profesi baru yang menyesuaikan tuntutan zaman di era globalisasi. Salah satu profesi yang populer adalah gamers (pemain game), tentu pada masa lalu bermain game hanya dilihat sebelah mata, tapi saat ini bermain game dapat menjadi kegiatan positif dan bahkan dapat menjadi duta bangsa di kancah internasional.

Bahkan di laman dunia maya, pemain game dapat mempengaruhi opini publik melalui konten-konten yang dihasilkan. Minat dan bahasan pemain game tersebut juga variatif, dari topik sederhana yang dekat dengan keseharian hingga isu menyangkut HAM, lingkungan hidup serta keadilan sosial.

Pada konteks tahun politik, generasi milenial dan Z menjadi kelompok yang mendapat banyak perhatian karena menjadi pemilih pemula dalam jumlah yang besar. Secara khusus, jumlah Gen Z di Kota Depok sebesar 26 % dari jumlah pemilih di Kota Depok untuk daftar pemilih tetap (DPT) 2024.

Namun sayangnya, pihak-pihak yang mendekati tidak mempertimbangkan apa dan bagaimana sebenarnya pemikiran dan kemauan pemilih pemula untuk mempersiapkan masa depan dirinya dan bangsanya dengan gaya dan kreativitas mereka.

“Elang V Menyusun agenda kegiatan yang relevan untuk generasi milenial dan gen z untuk menampung keresahan-keresahan kita selama ini tentang dunia pekerjaan di masa depan dan juga memberikan ide tentang peluang pekerjaan yang tidak terpikirkan sebelumnya,” kata Koordinator Ngobar 2023 Kurnia Amonito.

Elang V pun mengajak seluruh generasi milenial dan gen z untuk terus melakukan eksplorasi diri dan menumbuhkan kreativitas dalam diri agar dapat bersaing di masa disrupsi yang cepat.

“Generasi Milenial dan utamanya generasi z harus memiliki jiwa petarung yang selalu ingin menghadapi perubahan yang cepat dan harus selalu mengasah kemampuan dan kreativitasnya, karena kedepan pekerjaan kreatif akan lebih dibutuhkan di masa mendatang, ” pungkas Kurnia.(***)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here