Jabaran.id – SD dan SMP Nasional Plus (NP) Tunas Global Depok baru-baru ini menerima kunjungan dari tim guru Cikarang Japanese School (CJS) dalam rangka memperkuat kerjasama pendidikan antar kedua sekolah. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran, baik di Tunas Global maupun di CJS.
Kepala Bagian Umum Yayasan Mandiri Tunas Global Depok, Kadek Budhi Aryawan, mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut menjadi momentum penting bagi kedua institusi untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.
“Dalam kunjungan ini, guru-guru dari CJS memberikan wawasan mengenai teknik mengajar yang mereka terapkan di Jepang, khususnya dalam bidang olahraga dan budaya,” jelas Kadek.
Selama kunjungan, para guru dari CJS berkesempatan untuk mengajar langsung di beberapa kelas di SD dan SMP NP Tunas Global. Di jenjang SD, mereka mengajarkan pembelajaran olahraga kepada siswa kelas IV, serta memberikan materi tentang budaya Jepang kepada siswa kelas V. Sementara itu, di tingkat SMP, guru dari CJS memberikan pembelajaran matematika kepada siswa kelas IX.
Pengalaman Belajar Internasional
Kadek Budhi Aryawan menekankan bahwa kegiatan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para siswa, karena mereka berkesempatan mendapatkan pelajaran langsung dari guru berstandar internasional. “Tentunya ini adalah pengalaman baru bagi siswa-siswa kami. Mereka tidak hanya belajar materi, tetapi juga mendapatkan motivasi dari metode pengajaran yang berbeda, yang diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat belajar dan aktivitas di sekolah,” ujarnya.
Selain memperkaya pengetahuan siswa, kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi para guru di NP Tunas Global untuk belajar dan mengadopsi metode pengajaran baru yang diterapkan oleh guru-guru Jepang, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.
Kerjasama antara NP Tunas Global dan Cikarang Japanese School ini diharapkan dapat terus berkembang ke depannya, dengan lebih banyak lagi pertukaran ilmu dan praktik pembelajaran antar kedua institusi. Dengan kolaborasi ini, kedua sekolah berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh. (*)