Free Porn
xbporn
HomeKesehatanDokter Deva : Pijat Bayi Salah Satu Pencegahan Stunting

Dokter Deva : Pijat Bayi Salah Satu Pencegahan Stunting

Jabaran.id, DEPOK – Kasus stunting pada anak memang sangat meresahkan para orangtua di Indonesia. Saat ini Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan kasus stunting tertinggi di dunia. Stunting adalah kondisi anak yang memiliki tinggi badan tidak sesuai dengan usianya.

Dalam wawancaranya bersama Doodle Exclusive Baby Care, dr. Deva Putriane, Cht, CPHCT menerangkan bahwa kasus stunting yang terjadi di Indonesia cukup tinggi 40 hingga 50%. Dikatakan Deva, anak yang mengalami stunting memiliki perawakan pendek, tinggi badannya lebih pendek dengan teman sesusianya.

Anak yang mengalami stunting terjadi gangguan pertumbuhan. Hal ini dikarenakan kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu, saat hamil atau 1.000 hari pertama kehidupan seorang ibu harus memenuhi status gizi anak yakni dari pertama mengetahui hamil.

“Mengkonsumsi makanan yang benar dan baik, vitamin, pemeriksaan rutin bisa menjadi salah satu pencegahan stunting. Juga meminum vitamin sangat diwajibkan saat hamil,” terangnya.

Deva menambahkan, jika bayi sudah lahir diusahakan memberikan Air Susu Ibu (ASI). Berikan bayi dengan ASI ekskusif mulai dari usia 0 bulan sampai usia 2 tahun lebih.

Selain itu, saat bayi sudah menerima makanan pendamping ASI (mpasi) berikan makanan yang bergizi, yang sehat, yang matang.

Jika orangtua telaten, Indonesia angka stuntingnya turun asal orang tua mau belajar dan mencari tau.

“Apalagi saat ini media social juga sudah lengkap tentang edukasi mengenai bagaimana makanan untuk hamil, apa saja yang harus dilakukan, vitamin apa yang sebaiknya dikonsumsi bahkan tentang apa saja yang baik dikonsumsi saat makanan pendamping asi susu ibu (mpasi),” tegasnya.

Perempuan yang merupakan seorang instruktur pijat bayi ini menuturkan ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan sehingga anak tersebut mampu melewati fase Gerakan Tutup Mulut (GTM).

Anak yang dikatakan Gerakan Tutup Mulut (GTM) benar-benar tidak mau makan, tetapi jika masih mau makan itu dikatakan anak yang memang makannya tipe jumlah sedikit.

Terkadang ibu anaknya memakan hanya 5 suap sudah dikatakan GTM. Padahal memang anak tertentu yang makan sedikit. Anak dalam masa 6 bulan pertama butuh adaptasi. Fase 6 hingga 11 bulan merupakan fase adaptasi, up and down masalah makan. Jika makan sedikit hal yang wajar dan pasti dilewati semua anak. Gangguan makan akan stop di usia 1 tahun.

“Faktor anak tidak mau makan sangat banyak, saat tidak badan mengalami trauma dipaksa makan. Apalagi usia 6 hingga11 bulan masa-masa adaptasi mengenal makanan. Untuk itu, Ikutin saja mau anak,” katanya.

Dokter Deva begitu panggilannya menjelaskan, jika anak tidak mau makan dalam jangka yang waktu lama, yang menyebabkan berat badan turun, tinggi badan tidak naik, perlu dibawa ke tenaga Kesehatan.

Awal mula stunting, berat badannya tetap atau tidak naik, naikpun tetapi tidak sesuai dengan usia si anak.

Saat anak mulai sakit atau GTM lama jangan diam saja, hal inilah yang membuat awal mulanya stunting. Wealth faltering awalnya membuat terjadinya stunting, naik tetapi tidak sesuai.

“Gizi malnutrisi dalam jangka waktu yang panjang merupakan awal mula terjadinya stunting,” terangnya.

Wanita yang juga dikenal sebagai konselor laktasi ini menuturkan pijat bayi mampu mencegah stunting, akan tetapi tidak bisa signifikan langsung terjadi.

Karena dengan memijat bayi atau anak membuat badannya menjadi enak, tidurnya menjadi nyenyak hal inilah yang menjadi point terpenting membuat nafsu makan anak menjadi baik.

Kebanyakan anak yang tidurnya nyenyak, tidurnya tidak terganggu saat malam hari, tidak bangun-bangun saat malam hari, tidurnya cukup, biasanya nafsu makannya baik, berat badan stabil, tinggi badannya baik.

Dengan melakukan pijat bayi 30 menit sebelum tidur akan membantu membuat badan bayi menjadi nyenyak, sampai pagi akan tidur nyenyak.

Anak-anak yang tidur nyenyak sampai bagi tidur cukup membuat nafsu makan menjadi baik.

Anak tidak perlu dibangunkan untuk menyusu pada malam hari, justru pada malam hari harus terlelap benar-benar nyenyak sampai pagi. Karena pada malam hari ada hormon pertumbuhan atau dikenal dengan istilah growth hormon.

Lakukan pijat pada bayi atau anak selama 30 menit sebelum tidur, biasanya anak kalau dipijat sebelum tidur, tidurnya akan lama dan nyenyak. Terutama untuk bayi yang dalam masa tahap belajar duduk, merangkak.

“Dengan dipijat akan lebih relaksasi, karena biasanya bayi atau anak suka nangis malam karena merasa badannya sakit, misalnya badannya terjungkal atau tangannya tertindih,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, pada saat malam hari ada growth hormon yang membuat tinggi badan melesat yang ada pada malam hari dan tidak bisa digantikan pada tidur siang. Bayi atau anak wajib tidur nyenyak untuk mendapatkan growth hormon.

Paling telat anak-anak tidur jam 9 sudah harus terlelap, supaya mendapatkan deep sleep. Karena mau mengejar deep sleep untuk mendapatkan growth hormon.

Disisi lain, wanita Bernama lengkap Deva Putriane ini menerangkan, saat new born sudah boleh dipijat rutin asal dipijat oleh orang tua sendiri. Tidak direkomendasikan memijat bayi orang lain yang melakukan.

Ada Teknik-teknik cara memijat yang benar, cara memijat anak yang benar, bagaimana tekanan yang diberikan saat memijat, cara memutarnya, sesuai dengan aliran darah dari bawah keatas.

Cara memijat bayi yang baru lahir dengan anak usia yang 3 tahun sangat berbeda, dan tidak boleh sembarangan.

Tidak boleh asal-asal pijat karena jika tidak tersertifikasi berbahaya akan membuat patah, apalagi bayi-bayi premature.

Memijat yang dilakukan orang tua bisa meningkatkan bounding. Karena jika dipijat sama orang lain bounding dengan orang lain tidak dengan orang tua sendiri.

“Pijat juga bisa meningkatkan nafsu makan. Dimulai dari new born asal mengetahui cara memijat yang benar,” ucapnya.

Memijat yang benar tidak perlu terlalu kencang tekanannya, diawali dari bawah berurutan dari kaki kebadan ketangan sesuai aliran darah memompa. Ada dititik-titik yang bisa meningkatkan nafsu makan seperti di kaki meningkatkan nafsu makan, didada, diperut.

Disarankan memijat bayi sehari satu kali, jadi memijat bayi tidak disarankan saat tidur jangan saat anak deep sleep. Saat waktu anak tidur terlelap dengan mengganggu waktu tidurnya. Waktu yang paling tepat bukan saat anak bermain.

Waktu yang tepat adalah 30 menit sebelum tidur untuk melalukan pijat terhadap bayi atau anak. Saat anak dalam kondisi mengantuk adalah waktu yang tepat untuk memijat bayi atau anak.

Kalau memijat anak dalam kondisi tidur akan mengganggu waktu tidurnya sehingga tidak nyenyak sehingga tidak mendapatkan hormon pertumbuhannya.

Justru saat anak tidur, jangan mengganggu waktu tidurnya. Apalagi memijat anak pada malam hari saat tidur, justru akan mengganggu deep sleepnya.

“Memijat anak sebaiknya saat kondisi bangun atau 30 menit sebelum jadwal tidur malam,” tuturnya.

Stunting bisa diperbaiki tetapi tidak bisa sebaik anak normal yang tidak mengalami stunting dari awal. Karena stunting bisa menurunkan Intelligent Quotient (IQ). Wealth fatherting bisa menurunkan IQ 2 hingga 3 point dari anak-anak normal.

IQ akan berbeda dengan anak yang dalam perbaikan akibat stunting. Maka dari itu, jangan sampai bayi atau anak mengalami stunting.

Selain karena awalnya anak tidak mau makan, penyebab stunting lainnya disebabkan adanya infeksi penyakit lain yang membuat anak menjadi tidak mau makan sehingga membuat berat badan dan tinggi badan tidak mengalami kenaikan atau tetap berada pada posisi yang sama.

Kebanyakan infeksi pada anak tidak terdeteksi sehingga tiba-tiba membuat berat badan anak tidak naik.

“Misalnya seperti Infeksi saluran kemih (ISK), Tuberculosis (TB), batuk pilek berulang,” terang Deva.

Sebagai orangtua harus mengetaui celah anak, paling mengerti maunya anak. Harus mengetahui penyebab anak tidak mau makan. Sehingga bisa mengatasi penyebab anak tidak mau makan.

Sebagai orangtua kita harus kreatif membuat makanan menjadi menarik, misalnya menggunakan piring berwarna, membentuk makanan-makanan sehingga menjadi menarik. Susu, vitamin tidak bisa mencegah stunting.

“Yang bisa mencegah stunting adalah protein dengan memberikan makanan sehat yang lengkap setiap harinya,” tutupnya.(***)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here