Free Porn
xbporn
HomePendidikanPascasarjana Universitas Pancasakti Bekasi Ajak Guru PAUD Kecamatan Mega Mendung Perdalam Kurikulum...

Pascasarjana Universitas Pancasakti Bekasi Ajak Guru PAUD Kecamatan Mega Mendung Perdalam Kurikulum Merdeka

Jabaran.id, Bogor – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Mega Mendung telah diberikan kesempatan berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini melalui seminar yang diselenggarakan pada Sabtu, 4 November 2023. Acara ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini dari Universitas Pancasakti Bekasi, dengan tujuan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk memperkuat fungsi eksekutif dalam pembelajaran PAUD.

Seminar ini merupakan wujud dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diatur oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014. Tujuannya adalah memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi memajukan kesejahteraan masyarakat serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

PKM ini melibatkan mahasiswa pascasarjana dalam mendukung visi dan misi Universitas Pancasakti Bekasi, yang mendorong pengembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) serta sumber daya manusia yang mandiri dan berbudaya. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan mereka dengan bekerjasama bersama pemangku kepentingan, melatih kepekaan sosial, dan memfungsikan nilai-nilai kepemimpinan serta kemampuan bekerjasama dalam tim.

Pascasarjana Universitas Pancasakti Bekasi pengmas bogor 2
Sudiaryati Sudarto, S. Pd.

Kelompok mahasiswa pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini dari Universitas Pancasakti Bekasi yang terdiri dari Sudiaryati Sudarto, Luci Irawati, Siti Rahmawati, Saanih, Lilis Retnowati, Rusliah, dan Armeta Niasari menjalankan PKM ini di lembaga PAUD Kecamatan Mega Mendung. Kegiatannya adalah menggelar seminar yang membahas Implementasi Kurikulum Merdeka guna meningkatkan fungsi eksekutif dalam pembelajaran anak usia dini.

Acara ini berlangsung di kantor Kecamatan Mega Mendung, Bogor, dengan kerjasama dari Dinas Pendidikan setempat, PKG, dan Himpaudi Kecamatan Mega Mendung. Lebih lanjut, seminar ini menghadirkan seorang narasumber ahli, yaitu Dr. dr. Debie Susanti, M.Gizi, seorang dosen dari Universitas Pancasakti, yang memberikan pemaparan mengenai pentingnya fungsi eksekutif pada anak usia dini dalam persiapan mereka memasuki dunia sekolah.

Penelitian yang berfokus pada perkembangan otak anak menunjukkan bahwa pengalaman awal pada usia 3-5 tahun berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas, masyarakat yang bertanggungjawab, dan perekonomian negara. Fungsi eksekutif menjadi kunci sukses dalam pencapaian sekolah, kesiapan adaptasi masa depan, serta pencegahan masalah kesehatan di kemudian hari.

Pascasarjana Universitas Pancasakti Bekasi pengmas bogor 3
Dr. dr. Debie Susanti, M.Gizi.

Kurikulum Merdeka di PAUD menekankan pada penerapan kurikulum yang merangsang fungsi eksekutif anak. Guru-guru dari 56 lembaga PAUD di Kecamatan Mega Mendung mendapatkan pelatihan mendalam tentang pemahaman dan implementasi Kurikulum Merdeka.

Kesuksesan seminar ini memberikan kesan mendalam bagi para peserta, dan mereka berharap acara serupa dapat sering diadakan. Semoga apa yang telah mereka pelajari dapat diwujudkan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di lembaga-lembaga mereka masing-masing. Acara berjalan dengan lancar dan sukses, menegaskan peran penting pendidikan anak usia dini dalam membangun masa depan yang lebih baik. (*)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here