Free Porn
xbporn
HomePendidikanSDN Cilangkap 6 Implementasikan P5 dalam Kurikulum Merdeka

SDN Cilangkap 6 Implementasikan P5 dalam Kurikulum Merdeka

Jabaran.id – SDN Cilangkap 6 secara aktif menerapkan Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang melibatkan berbagai kegiatan menarik dan mendidik sepanjang tahun ajaran.

Kepala SDN Cilangkap 6, Mami Suryati, menjelaskan bahwa proyek ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Cilangkap 6 dibagi menjadi dua kegiatan utama setiap semesternya, dengan fokus tema yang berbeda pada setiap semester,” ujar Mami Suryati.

Pada semester pertama, tema yang diangkat adalah “Hidup Berkelanjutan”, dengan fokus pada pengolahan sampah melalui kreativitas siswa. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi:

  1. Pembuatan Pupuk dari Daun dan Sisa Makanan – Siswa diajarkan cara membuat pupuk organik menggunakan bahan-bahan sisa yang ada di sekitar mereka.
  2. Pembuatan Ecobrick – Siswa diajarkan cara membuat ecobrick, yang kemudian dapat digunakan sebagai hiasan taman atau dekorasi dalam ruangan.
  3. Daur Ulang Sampah Menjadi Barang Berguna – Siswa diajarkan untuk mendaur ulang sampah dan mengubahnya menjadi barang-barang yang berguna.

SDN Cilangkap 6 Kurikulum Merdeka 2

Pada semester kedua, tema yang diangkat adalah “Kewirausahaan”, dengan fokus pada budidaya ikan nila. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi:

  1. Pengenalan Ikan Nila secara Audio Visual – Siswa diperkenalkan dengan ikan nila melalui media audio visual untuk memberikan pemahaman dasar tentang ikan tersebut.
  2. Menggambar Ikan – Siswa diajak untuk menggambar ikan sebagai bagian dari kegiatan kreatif yang mendukung pembelajaran.
  3. Pengenalan Ikan secara Langsung – Siswa diberikan kesempatan untuk melihat ikan nila secara langsung.
  4. Penjelasan tentang Pembibitan, Pembesaran, dan Panen Ikan – Siswa mendapatkan penjelasan rinci tentang proses pembibitan, pembesaran, hingga panen ikan nila.
  5. Cara Menjual Ikan dengan Olahan Ikan – Siswa diajarkan cara mengolah dan menjual ikan nila, memberikan mereka pengetahuan dasar tentang kewirausahaan.

Mami Suryati berharap bahwa melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa SDN Cilangkap 6 tidak hanya mendapatkan pengetahuan praktis tetapi juga mampu mengembangkan karakter yang kuat dan inovatif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Kami ingin siswa-siswa kami tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan berwirausaha,” tambahnya.

Dengan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, SDN Cilangkap 6 berharap dapat menciptakan generasi muda yang berkarakter, kreatif, dan berdaya saing tinggi. (*)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here