Free Porn
xbporn
HomeTriviaTiga Tol Unik di Indonesia, Ada yang 'Melayang' di Atas Laut

Tiga Tol Unik di Indonesia, Ada yang ‘Melayang’ di Atas Laut

Jabaran.id – Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki tiga jalan tol yang sangat unik? Setiap jalan tol ini memiliki daya tariknya sendiri yang membuatnya istimewa.

Tidak semua jalan tol tersebut terletak di Pulau Jawa. Sebagian dari mereka bahkan berlokasi di Bali dan Wilayah Indonesia Tengah (WITA).

Meskipun demikian, setiap jalan tol tersebut tetap menjalankan fungsinya dengan baik, melayani pengendara kendaraan bermotor seperti biasa.

Berikut adalah tiga jalan tol di Indonesia yang memiliki keunikan masing-masing, yang dikutip oleh SapaNusa dari akun Instagram @kemenpupr.

1. Tol Bali Mandara

Tol ini adalah yang pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut, membentang sepanjang 12,7 kilometer. Pemandangan dari udara sangat memukau, sehingga terkesan seperti jalan yang melayang di atas laut. Selain itu, Tol Bali Mandara juga menjadi satu-satunya jalan tol yang menyediakan jalur khusus bagi pengendara sepeda motor.

2. Tol Bernada di KM 616 Ngawi-Kertosono

Tol ini juga memiliki keunikan tersendiri. Meskipun bentuknya sama seperti jalan tol pada umumnya, ada satu ruas di jalan tol ini yang jika dilalui oleh mobil akan menghasilkan nada musik. Hal ini seringkali membuat para pengemudi merasa senang dan terhibur saat melintas di tol tersebut.

Konsep tol bernada ini dirancang untuk meningkatkan konsentrasi para pengemudi, terutama di jalan tol trans Jawa yang panjangnya, di mana pemandangan sekitar terbatas pada area persawahan yang bisa membuat pengemudi mengantuk dan bosan.

3. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

Saat melintas di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, terdapat pengalaman unik yaitu melewati terowongan sepanjang 471 meter di ruas Pamulihan-Sumedang, Desa Rancakalong, Sumedang, Jawa Barat.

Terowongan ini dibangun secara berdampingan, yaitu ruas A dan ruas B. Hal ini merupakan pengalaman yang menarik karena biasanya, dalam pembangunan jalan tol yang melewati perbukitan, bukit akan dikepras.

Namun, di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, bukit tersebut justru dibor sehingga terowongan tercipta. Pendekatan ini sering ditemui di berbagai jalan tol di luar negeri seperti di Tiongkok dan Jepang, di mana bukit-bukit tidak ditebang, melainkan dibor untuk melindungi vegetasi di sekitarnya. (*)

TERBARU

POPULER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here